FUNGSI DAN PERANAN STRATEGIS MEDIA MASSA

Posted: March 5, 2011 in Opini

Oleh: Putut Dairobi

Pengertian Media Masa

Menurut sumber dari Wikipedia bahasa Indonesia, insiklopedia bebas, bahwa media massa adalah suatu istilah yang mulai dipergunakan pada tahun 1920-an untuk mengistilahkan jenis media yang secara khusus didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. Dalam pembicaraan sehari-hari istilah ini sering disingkat menjadi media.

Sedangkan dilihat dari segi etimologis, media massa adalah berarti komunikasi massa, yang mana sebutan komunikasi massa ini ialah sebutan yang lumrah di kalangan akademis untuk studi media massa. Dan dari segi maknanya, media massa adalah berarti alat/sarana untuk menyebarluaskan berita, analisis opini, materi pendidikan dan hiburan.

Jenis-Jenis Media Massa

Dari pengertian media massa yang sangat luas tersebut, jika dilihat dari jenisnya maka media massa bisa digolongkan ke dalam beberapa jenis;

  1. Media massa cetak (Printed Media), media massa cetak ini adalah media yang dicetak dalam lembaran kertas. Dan sedangkan jika dilihat dari segi format dan ukuran kertasnya, media massa cetak meliputi; a. Koran atau surat kabar (ukuran kertas broadsheet atau ½ plano. b. tabloid (1/2 broadsheet). C. Majalah ( ½ tabloid atau kertas ukuran folio/ kwarto). d. Buku (1/2 majalah). e. newsletter (folio/kwarto, jumlah halaman lazimnya 4-8). f. Buletin (1/2 majalah, jumlah halaman lazimnya 4-8). Isi media massa umumnya terbagi tiga bagian atau tiga jenis tulisan; berita, opini dan feature.
  2. Media Massa Elektronik (Electronic Media), Media massa elektronik ini adalah media yang isinya disebarluaskan melalui suara atau gambar dengan menggunakan teknologi elektro seperti radio, televise dan film.
  3. Media Online (Online Media, Sibermedia). Media Online ini adalah media yang dapat ditemukan di internet (situs. Web).

Fungsi Media Massa

Media massa dan perkembangannya bagi manusia telah melahirkan perdebatan panjang tentang makna dan dampak media massa pada perkembangan masyarakat. Dalam perkembangan teori komunikasi massa, konsep masyarakat massa mendapat relasi kuat dengan produk budaya massa yang pada akhirnya akan mempengaruhi bagaimana proses komunikasi dalam konteks masyarakat massa membentuk dan dibentuk oleh budaya massa yang ada. Media massa berperan untuk membentuk keragaman budaya yang dihasilkan sebagai salah satu akibat pengaruh media terhadap sistem nilai dan tindakan manusia.

Menurut De Witt C. Reddick, (1976) fungsi utama media massa adalah untuk mengkomunikasikan kesemua manusia lainnya mengenai perilaku, perasaan, dan pemikiran mereka; Dan dalam mewujudkan hal itu, media massa tidak akan lepas dengan responsibilitas dari kebenaran informasi (Responsibility), kebebasan insan pers dalam penyajian berita (Freedom of the pers), kebebasan pers dari tekanan-tekanan pihak lainnya (Independence), kelayakan berita terkait dengan kebenaran dan keakuratannya (Sincerity, Truthfulness, Accuracy), aturan main yang disepakati bersama (Fair Play), dan penuh pertimbangan (Decency). Jadi intinya kebebasan pers sekarang ini dapat dilaksanakan dengan baik, jika kebebasan pers itu diimbangi dengan tanggung jawab dan kode etik sebagai landasan profesi, untuk menghindari ada pemberitaan yang menjurus anarkis.

Di dalam tata kehidupan masyarakat umum setidaknya media massa mempunyai beberapa fungsi pokok, yakni;

  1. Fungsi pengawasan; adalah fungsi yang khusus menyediakan informasi dan peringatan kepada masyarakat tentang apa saja yang terjadi di lingkungan mereka. Media massa meng-up date pengetahuan dan pemahaman manusia tentang lingkungan sekitarnya.
  2. Fungsi interpretasi; adalah fungsi yang menjadi sarana memproses, menginterpretasikan dan mengkorelasikan seluruh pengetahuan atau hal yang diketahui oleh manusia.
  3. Fungsi transmisi nilai; adalah fungsi untuk menyebarkan nilai, ide dari generasi satu ke generasi yang lain.
  4. Fungsi hiburan adalah fungsi untuk menghibur manusia. Manusia cenderung untuk melihat dan memahami peristiwa atau pengalaman manusia sebagai sebuah hiburan. Dalam perkembangan selanjutnya, media massa mempunyai fungsi-fungsi baru, yaitu fungsi membentuk komunitas dan komunikasi virtual, seperti halnya kelompok internet di dunia maya.

Peranan Strategis Media Massa

Proses komunikasi melalui media massa adalah dapat disebut juga sebagai komunikasi massa, dan sedangkan pengertian komunikasi massa menurut Tan dan Wright (dalam Alo Liliweri.1991) merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (media) dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara missal, berjumlah banyak, sangat heterogen dan menimbulkkan efek tertentu.

Membahas peranan media massa adalah sama halnya dengan membahas pelaksanaan fungsi dari media massa itu sendiri, beroperasinya fungsi media massa adalah dapat menimbulkan efek besar terhadap masyarakat luas sebagaimana jika ditelaah dengan teori dependensi mengenai efek komunikasi massa yang dikembangkan oleh Sandra Ball-Rokeach dan Melvin L.  Devleur (dalam Sendjaya, 1999:2000).  Pendekatan teori ini bersifat struktur sosial yang berangkat dari gagasan mengenai sifat masyarakat modern (atau masyarakat massa), di mana media massa dapat dianggap sebagai sistem informasi yang memiliki peran penting dalam proses pemeliharaan, perubahan, dan konflik pada tataran masyarakat, kelompok atau individu dalam aktivitas sosial.

Teori ini menjelaskan saling hubungan antara 3 perangkat variabel utama (sistem sosial, sistem media dan audiens) dan menentukan jenis efek tertentu yakni kognitif, afektif, behavioral; efek kognitif adalah efek menciptakan atau menghilangkan ambiguitas, pembentukan sikap, agenda setting, perluasan sisitem keyakinan masyarakat, penegasan/penjelasan nilai-nilai. efek afektif adalah efek menciptakan ketakutan atau kecemasan, meningkatkan atau menurunkan dukungan moral. Efek behavioral adalah efek mengaktifkan/menggerakkan atau mencekam, pembentukan isu atau penyelesaiannya, menjangkau atau menyediakan setrategi untuk suatu aktivitas.

Dalam perspektif sosial,  pertumbuhan dan perkembangan masyarakat dewasa ini tidak terlepas dari pengaruh media massa. Artinya masyarakat sangat tergantung dengan kehadiran media yang mempunyai fungsi-fungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Ketergantungan masyarakat terhadap media merupakan fenomena dalam masyarakat yang makin sadar media dan siap menyerap informasi media. Kondisi ini akan makin terus berkembang dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Di Indonesia sejak lama surat kabar telah dimanfaatkan sebagai media komunikasi timbal balik antara masyarakat dan pemerintah. Oleh pemerintah surat kabar sering digunakan sebagai media penyampaian informasi dan pesan-pesan menyangkut berbagai kebijaksanaan, sedangkan oleh masyarakat surat kabar sering dimanfaatkan sebagai media penyampaian berbagai aspirasi dan kepentingan sebagai tanggapan atas kebijaksanaan pemerintah.

Yang paling menarik dari media massa adalah dampak yang ditimbulkannya terhadap cara orang bereaksi setelah menerima berita/ informasi, sebagaimana misal; Footage dan gambar-gambar yang menunjukkan amukan tsunami di Aceh membuat orang dari seluruh dunia memberikan sumbangan dana dalam jumlah besar. Di Inggris, langsung berdiri Disaster Emergency Committee (DEC) yang berhasil mengumpulkan dana lebih 300 juta poundsterling, bantuan untuk Aceh datang dari mana-mana dan ini semua adalah dampak pemberitaan media massa.

Begitu kuatnya peranan media massa, pada era sekarang ini para politisi di seluruh dunia menjadikan kampanye media sebagai prioritas utama dalam daftar strategi mereka, Kampanye politik (political broadcast) di televisi dan ataupun di surat kabar bisa mempengaruhi massa dalam menentukan pilihan. dengan peran tersebut, media massa menjadi sebuah agen dalam membentuk citra di masyarakat. Pemberitaan di media massa sangat terkait dengan pembentukan citra, karena pada dasarnya komunikasi itu proses interaksi sosial, yang digunakan untuk menyusun makna yang membentuk citra tersendiri mengenai dunia dan bertukar citra melalui simbol-simbol (Nimmo, 1999). Dalam konteks tersebut, media memainkan peranan penting untuk konstruksi realitas sosial.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s